Universitas Muhammadiyah Makassar

Universitas Muhammadiyah Makassar

Rabu, 16 Mei 2012

UKM Seni Dan Budaya TALAS Unismuh in Colombo international theatre Festival 2012



Colombo international theatre festival 2012 dilaksanakan dari tanggal 26 Maret – 2 April 2012 kegiatan ini merupakan kegiatan Festival Seni Teater dari seluruh Dunia. Event ini dilaksanakan oleh Organisasi yang bergerak di bidang Seni Budaya Dan Keolahragaan yang bernama Inter ACT ART. organisasi ini berada dibawah naungan kementrian Kebudayan Dan Pemuda Negara setempat.  Colombo Internasional Theatre Festival 2012 hadir berkat kerja sama pemerintah srilanka dan Goethe institute dari jerman sebagai penasehat kegiatan. adapun beberapa Negara yang telah lulus seleksi pada tanggal 16 Oktober  2011 yaitu srilanka, iran , pune, india, jerman, Pakistan, Indonesia,dan Australia.
 Indonesia yang kali ini di wakili oleh Universitas Muhammadiyah Makassar melalui UKM Seni dan Budaya TALAS mendapat kesempatan untuk mentas pada hari III festival. Pada pementasan tersebut UKM Seni dan Budaya TALAS mengangkat naskah cerita klasik dari daerah Sulawesi Selatan berjudul “Sitobo Lalang Lipa and the Other Stories”. Naskah ini menceritakan prinsip Masyarakat Bugis – Makassar yaitu Siri’na Pacce dan kegunaan “Lipa (sarung)” dalam adat istiadat Masyarakat Sulawesi Selatan melalui pementasan Teater Absourt atau berjenis Drama tari yang lebih mengutamakan gerakan yang bermakna ketimbang Percakapan,  Berhubung mayoritas penonton berasal dari berbagai Negara.
Pada saat pembukaan kegiatan ini Direktur festival Colombo internasional theatre festival 2012 M.safeer mengatakan “kami  telah banyak mengikuti banyak festifal diseluruh Negara dan untuk mengetahui perkembangan seni teater dari seluruh dunia dan melalui ini lah yang melatarbelakangi hadirnya Colombo Internasional Theatre Festival 2012”.
Selain Festival Teater, kegiatan ini juga berisi Workshop Gerak, Lighting dan Manajerial Panggung pementasan, Diskusi perkembangan Teater Dunia, Sharing naskah. Inter Act Art selaku penyelenggara Fesival mempunyai tujuan agar mengetahui seberapa jauh perkembangan Teater yang ada di penjuru dunia, biasa dikembangkan melalui Festival Teater ini sekaligus mengetahui seluk – beluk budaya yang ada di setiap Negara kontestan.
 Selama berada disana Kontingen Teater Talas yang berjumlah 20 Orang bertempat tinggal di KBRI Sri lanka, Colombo selama Enam hari. Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Event tahunan yang dilaksanakan oleh KBRI Sri lanka yang bertajuk “Indonesian Day 2012, South Sulawesi in Sri Lanka”. Kegiatan ini adalah event promosi budaya dan Wisata Indonesia di Luar Negeri. Kontingen Talas dipercaya untuk menjadi pengisi acara pada kegiatan tersebut. Meliputi Ritual Anggaru, Tari Paduppa, Tari 4 Etnis, Tari Gandrang Bulo, Pementasan Musik Toriolo, dan atraksi Demo Masak kuliner khas Sulawesi Selatan yang meliputi barobbo, Coto Makassar, Sate, dan Pallu Butung.
Saat kami melakukan Wawancara  Ekslusif kepada Pimpinan produksi teater talas “sitobo lalang lipa” Muhammad Arief Rizandhi yang biasa dipanggil Zaky beliau mengatakan “suatu kesyukuran besar bahwasanya UKM Seni budaya talas deberikan Amanah besar untuk menjadi perwakilan indonesia di Internasional Theatre Festival 2012 yang bertempat di srilanka, Colombo. selama kami berada di festival  ini, membuka mata kami selaku pekerja seni bahwa yang menjadi tujuan dalam Seni Teater adalah bagaimana maksud dan arti dari Seni Teater tersampaikan kepada khalayak dan bukan menjadi ajang lomba mencari siapa yang yang terbaik. Hal ni tercerminkan saat penyerahan penghargaan saat usainya taetrikal, seluruh utusan yang berpartisipasi meramikan festival internasional ini termasuk UKM Seni budaya Talas mendapatkan penghargaan tanpa menetukan siapa yang terbaik dari yang terbaik”.

1 komentar: